(Solved) Begini Cara Mengatasi "Windows was unable to complete the format"

(Solved) Begini Cara Mengatasi "Windows was unable to complete the format"

Masalah ini pernah saya alami saat melakukan format pada sebuah perangkat. Perangkat tidak bisa diformat dan kemudian muncul pesan kesalahan "Windows was unable to complete the format" atau kalau kita terjemahkan kurang lebih maksudnya adalah "Windows tidak dapat menyelesaikan format". Itu bisa terjadi pada perangkat berjenis  storage device seperti pada kartu SD, harddisk eksternal, USB flashdisk, SSD dan CD / DVD. Tapi kamu tak perlu khawatir, u/ memperbaiki kesalahan tersebut bisa dilakukan menggunakan tool bawaan windows bernama Disk Management  atau utilitas format disk dari pihak ketiga.

Apa penyebab windows tidak dapat menyelesaikan format? penyebabnya adalah perangkat itu sendiri y4ang bermasalah seperti rusak, mengalami bad sector, terinfeksi oleh virus y4ang tidak diketahui, dan lain sebagainya sehingga windows tidak mengizinkan memformat sebuah perangkat.

Nah, langsung saja berikut beberapa cara mengatasi "Windows was unable to complete the format".

Metode 1  : Mengatasi "Windows was unable to complete the format"  dengan  Disk Management.

Cara Mengatasi "Windows was unable to complete the format"
  1. Tekan tombol Windows + R secara bersamaan u/ menjalankan RUN.
  2. Setelah terbuka masukan perintah "diskmgmt.msc"lalu tekan enter.
  3.  Sekarang temukan drive : Micro SD, USB atau flashdisk y4ang tidak bisa kamu format, lalu klik kanan dan pilih"Format".  Jika ada partisi di drive, hapus semuanya,agar menjadi satu volume saja.
  4. u/ sistem file bisa NTFS / FAT32 jika perangkat lebih besar dari 4GB.
Catatan : u/ langkah ketiga kamu harus benar-benar memastikan bahwa y4ang diformat adalah perangkat y4ang ingin kamu format, jang4n sampai salah melakukan format. Tips biar gak salah : kamu bisa memastikan dengan mengecek nama drive atau dengan melihat kapasitasnya ruang penyimpanan.

Metode 2 : Mengatasi "Windows was unable to complete the format dengan  partition magic.
download :  partition magic.
Cara Mengatasi "Windows was unable to complete the format"

  1. Pertama-tama jalankan EaseUS Partition Master, lalu klik kanan pada partisi perangkat y4ang ingin kamu format dan setelah itu pilih "Format.
  2. Selanjutnya muncul jendela baru,kamu bisa mengatur label partisi u/ sistem file (NTFS / FAT32 / EXT2 / EXT3) u/ partisi y4ang akan diformat, lalu klik "OK".
  3.  Kemudian muncul  peringatan konfirmasi, klik saja "OK"  u/ melanjutkan
  4. Klik tombol "Execute Operation" di sudut kiri atas u/ meninjau perubahan, lalu klik "Apply" u/ mulai memformat partisi pada hard drive Anda.
 Baca juga : Cara Mengatasi Write Protected SD Card, Flashdisk dan Memory card

Sampai di sini pembahasan kita kali ini, jika cara di atas masih belum bisa mengatasi masalah tidak bisa format pada sebuah perangkat storage device, kamu bisa menghubungi saya melalui komentar atau kontak u/ bantuan lebih lanjut. Saya akan berusaha mencari solusi terbaik u/ mengatasi masalah ini.


No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top