Cara Convert Harddisk MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data

Cara Convert Harddisk MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data

Cara Convert Harddisk MBR ke GPT Tanpa Kehilangan data dan tanpa format - Saat sobat memiliki laptop atau komputer baru, melakukan partisi pada hardisk merupakan hal dasar y4ang biasa dilakukan oleh penggunannya. Berawal dari sinilah sobat dapat menyimpan data penting dan juga menginstall sistem operasi di dalamnya. Maka dari itu pengaturan partisi harus dilakukan dengan baik dan benar. MBR dan GPT merupakan dua macam tipe partisi y4ang bisa sobat gunakan.

Apa itu GPT dan MBR?
GPT (GUID Partition Table) merupakan  Standart layout tabel partisi pada hardisk y4ang menggunakan Global Unique Identifier. Tekonologi komputer saat ini sudah banyak beralih menggunakan GPT, di karen4kan memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan MBR.

Sedangkan MBR (Master Boot Record) merupakan sejenis boot sektor y4ang tersimpan pada hard disk drive atau perangkat penyimpanan lain y4ang berisi kode komputer y4ang diperlukan u/ memulai proses booting. boot master dibuat saat hard drive dipartisi, namun tidak terletak di dalam partisi. Ini berarti media penyimpanan y4ang tidak dipartisi, seperti disket, tidak berisi catatan boot master. boot master terletak di sektor pertama ruan penyimpanan.

Itulah sedikit informasi mengenai pengertian gpt dan mbr. Nah, sekarang sesuai dengan judul artikel kali ini saya akan membahas bagaimana  Cara Convert Harddisk dari MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data.  Sebenarnya ada banyak cara y4ang bisa kita gunakan seperti menggunakan Diskpart, Gptgen dan y4ang akan saya gunakan kali ini adalah AOMEI.

Kenapa saya menggunakan AOMEI dibandingkan dengan y4ang lain? karen4 u/ penggunaanya sendiri cukup mudah dan y4ang paling penting data tidak hilang, serta multifungsi tidak hanya convert MBR ke GPT namun bisa juga convert dari GPT ke MBR. Nah langsung saja kamu simak penjelasannya di bawah ini.

cara convert mbr ke gpt dengan aomei 
  1. Pertama-tama silahkan download AOMEI Partition Assistant Lite Edition versi premium, dikaren4kan sekarang versi gratis dari AOMEI ini tidak mengizinkan konversi MBR menjadi GPT.
  2. Pilih disk y4ang hendak dikonversi.
  3.  Klik kanan disk dan pilih Convert to GPT / MBR Disk.
  4. Lakukan Konfirmasikan  dengan mengklik "OK" u/ melanjutkan.
  5. Klik tombol Apply pada toolbar u/ melakukan perubahan.
Cara Convert Harddisk MBR ke GPT Tanpa Kehilangan data
Sangat mudah sekali u/ Cara Convert Harddisk MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data. Semoga bermanfaat, bila ada pertanyaan silahkan berkomentar di bawah ini. Terima kasih dan selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment

Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top